Cara Memasak Salmon

Diposting pada

Cara Memasak Salmon

Salmon sudah tersedia, sangat fleksibel dan sangat lezat. Di sini kami membahas dasar-dasar salmon dari fillet pada malam hari hingga hiburan akhir pekan: potongan dan jenis untuk dibeli, peralatan yang Anda butuhkan, metode penting untuk menyiapkannya dan saus untuk mendandaninya.

Sebelum kamu memulai
Beli spatula terbesar yang dapat Anda temukan, spatula yang dapat mengangkat dan mengubah sebagian besar fillet dan memindahkan ikan ke piring. Lebih baik lagi, beli spatula ikan, yang dirancang hanya untuk tujuan ini.

Artikel terkait : catering jogja

Wajan besi sangat bagus untuk membakar fillet dan kemudian menempatkannya di oven. Wajan antilengket yang andal juga berguna; cari yang bisa masuk ke oven panas. Loyang lembaran, diperkuat sehingga tidak akan melengkung, sangat membantu untuk memanggang dan memanggang.

Sepasang tang jarum-hidung kecil dari toko perangkat keras melakukan pekerjaan terbaik untuk mencabut tulang pinus. Pinset yang kokoh dapat digunakan tetapi kurang efektif.

Siapkan kertas perkamen atau kertas aluminium. Gunakan mereka untuk melampirkan fillet untuk dipanggang (fish en papillote), dan untuk wajan pelapis, wajan panggangan dan wajan pemanggangan, yang memudahkan pembersihan.

Potongan Salmon

Dengan salmon, satu ukuran tidak cocok untuk semua. Ada beberapa kategori dasar pemotongan, masing-masing dengan perawatan dan tujuannya sendiri. Fillet kecil dan steak sangat cocok untuk makan malam cepat, sementara seluruh salmon merupakan hidangan utama yang mudah dan elegan untuk pesta makan malam.

artikel terkait : catering magelang

FilletsFILLETS SteaksSTEAKS Sisi Sisi

Fillet salmon adalah potongan ikan yang paling umum digunakan, dan untuk alasan yang baik: menghilangkan tulang pin itu sederhana, dan potongannya cocok untuk semua metode memasak. Fillet bisa berupa bagian kecil dari sisi yang bertulang, dimaksudkan untuk melayani satu atau dua orang, atau itu atau seluruh sisi yang bertulang untuk melayani kerumunan.

Dengan atau tanpa kulit? Itu tergantung pada bagaimana Anda berharap untuk memasak ikan. Metode tertentu, seperti fillet penggorengan, dirancang untuk memberikan Anda kulit yang renyah, dan kulit itu lezat. Namun, untuk ikan rebus, kulitnya bisa dihilangkan sebelum dimasak dan dibuang.

Untuk ikan fillet, tanpa kulit, sekitar enam ons per orang adalah bagian rata-rata. Dengan kulit, tambahkan satu ons lagi.

Bertani vs Liar

Ada perbedaan yang signifikan antara salmon budidaya dan salmon liar. Salmon liar berasal dari perairan Pasifik, dan memiliki tekstur halus dan rona ungu terang. Memiliki rasa yang unggul, dengan lebih sedikit kalori dan lebih sedikit lemak daripada salmon yang dibudidayakan. Itu juga mahal, dan ada lebih sedikit di pasaran. Salmon yang dibudidayakan jauh lebih berlimpah, dan lebih murah. Itu berasal dari stok ikan salmon Atlantik, dan mengandung warna pakan yang diberikan, paling sering daging merah muda yang kita kaitkan dengan “salmon.” Ada kekhawatiran lingkungan yang signifikan di sekitar budidaya salmon.

artikel terkait : catering kudus

SALMON LIAR
Salmon liar yang dijual di Amerika Serikat berasal dari Pasifik. (Salmon semuanya menghilang di alam liar di Atlantik, dan kantong yang ada disediakan untuk olahraga memancing.)

Musim untuk salmon Pasifik berlangsung dari Mei hingga September; jika Anda melihatnya di luar bulan-bulan itu, itu telah dibekukan, meskipun itu akan tetap lezat. Salmon liar biasanya lebih mahal dan lebih murah daripada yang dibudidayakan, tetapi jika Anda bisa mendapatkannya, lakukanlah; itu akan meningkatkan makanan Anda.

Yang paling berharga adalah Chinook atau salmon raja, yang merupakan spesies terbesar dan paling lezat. Sockeye salmon, dengan daging merah tua merah tua dan tekstur yang kencang, telah memperoleh pengikut, terutama ketika itu berasal dari Sungai Copper di Alaska. Salmon Coho atau salmon perak adalah salmon yang rasanya lebih ringan dan umumnya liar, meskipun ada beberapa salmon Coho yang dibesarkan di peternakan.

Steelhead trout adalah ikan dalam genus salmon Pasifik. Ini memiliki daging merah muda gemuk dan datang dalam ukuran kecil, yang suka dua hingga tiga pon yang membuatnya nyaman untuk memasak utuh. Trout laut Tasmania atau trout samudra adalah ikan lain dengan daging berwarna salmon yang terkait erat.

SALMON PERTANIAN

Sudah tersedia sepanjang tahun, salmon yang dibudidayakan umumnya memiliki rasa yang kaya dan ringan, tetapi tidak memiliki salinitas salmon liar. Ini juga lebih terjangkau. Sebagian besar salmon yang dibudidayakan di Amerika Serikat adalah salmon Atlantik, meskipun sekarang ada beberapa operasi di Pasifik. (Beberapa salmon raja berkualitas tinggi, bermerek Ora, dibudidayakan di Selandia Baru.) Beberapa ikan yang dibudidayakan diberi label organik, tetapi istilah itu, ketika menyangkut makhluk yang berenang di laut, masih kontroversial.

Arang Arktik, yang juga dalam keluarga salmonidae, biasanya diternak di bagian paling utara Atlantik. Ikan memiliki daging oranye-merah muda yang dalam dan tekstur yang lebih halus daripada salmon biasa. Dan karena arctic char kecil, sekitar 3 pound, itu juga merupakan pilihan yang tepat untuk memasak keseluruhan.

Salmon yang dimodifikasi secara genetik, yang memiliki gen hormon pertumbuhan dari raja salmon sehingga akan tumbuh dua hingga empat kali lebih cepat, telah disetujui untuk dijual di Amerika Serikat. Akan tetapi setidaknya beberapa tahun sebelum mencapai pasar.

Menghapus Tulang
Fillet dan sisi salmon memiliki tulang, tulang sepanjang satu inci dan lentur yang menempel secara vertikal dalam barisan di tengah-tengah fillet. Menghapusnya adalah manuver yang mudah; Anda tidak perlu melakukan ini, tetapi membuat sepotong ikan lebih cantik dan lebih mudah makan. Sepasang tang dan teknik sederhana akan membuat Anda menjadi salmon yang lembut dan tanpa tulang. Begini caranya.

0:39
Cara Menghapus Pin Bones Salmon
Letakkan fillet salmon Anda di atas papan atau di atas selembar foil di atas meja Anda, dengan sisi kulit menghadap ke bawah (bahkan jika tidak ada kulit). Jalankan tangan Anda melintasi permukaan ikan. Anda akan merasakan punggung tulang-tulang kecil mencuat.

Mulai dari ujung fillet yang paling tebal, gunakan tang hidung untuk mengambil ujung tulang dan mencabutnya dengan kuat. Mungkin ada sebanyak 20 tulang ini dalam satu fillet utuh.

Memasak di atas Kompor
Memasak salmon di atas kompor adalah hal yang paling mudah: jika Anda tidak ingin memanaskan oven Anda atau menghabiskan terlalu banyak waktu di depannya, menumis fillet adalah cara yang harus dilakukan. Atau jika Anda mencari pilihan rendah lemak, salmon rebus menghasilkan ikan yang lembut dan rasanya bersih.

Cara Menumis Filet
MENJAGA
Tumis salmon artinya memasaknya cepat dengan sedikit lemak di atas api yang cukup tinggi. Metode ini mudah dan cepat, dan ini bekerja paling baik untuk fillet, menjadikannya cara yang bagus untuk mendapatkan makan malam hari kerja yang lezat di atas meja.

Inilah cara melakukannya:

Dalam wajan antilengket, lelehkan 1 sendok makan mentega di atas api sedang dan masak sampai busa reda dan berubah warna menjadi emas pekat, sekitar 3 menit.

Bumbui fillet dengan garam dan merica dan tambahkan ke wajan, sisi kulit di atas. Masak tanpa memutar selama sekitar 6 menit, sampai ikan berubah menjadi cokelat tua. Balikkan ikan dan masak sampai matang secukupnya, 2 hingga 4 menit lebih lama.

POACHING

Salmon rebus memberi Anda ikan yang dimasak dengan bersih yang membuat palet yang indah untuk saus, atau bumbu lezat untuk salad salmon, kroket, atau burger. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan ikan yang dimasak dengan sempurna tanpa lemak tambahan.

Inilah metode dasarnya:

Isi panci tumis dengan air yang cukup untuk menutupi fillet, dan turunkan ikan. Taburkan garam, beberapa merica dan daun salam.

Bawa air mendidih cepat, dan matikan api. Tutup wajan dan biarkan ikan masak selama 20 hingga 30 menit. Salmon harus berukuran sedang-langka.

Catatan: Untuk menambah rasa ekstra pada ikan rebus Anda, coba gunakan kaldu klasik, kaldu memasak sederhana yang direbus selama 20 hingga 30 menit dengan irisan lemon dan bawang, rempah, garam dan lada. Harus ada cukup untuk merendam ikan dalam wajan yang sesuai atau fillet. Gunakan di tempat air dalam metode memasak dasar di atas.

RESEP SALMON STOVETOP
Gambar untuk Provençal Salmon With Fennel, Rosemary dan Orange Zest
MUDAH
Salmon Provençal Dengan Adas, Rosemary, dan Zest Orange
20 menit
Gambar untuk Four-Spice Salmon
MUDAH
Salmon Empat Rempah
Oleh Mark Bittman

20 menit
Gambar untuk Salmon With Anchovy-Garlic Butter
MUDAH
Salmon Dengan Mentega Bawang Putih
Oleh Melissa Clark

25 menit
Gambar untuk Hazelnut dan Ketumbar Spiced Sous-Vide Salmon
Hazelnut dan Ketumbar Dibumbui Sous-Vide Salmon
Oleh Melissa Clark

1 jam
Gambar untuk Salmon Asam Manis dan Asam Hampir Bibi Sandy
MUDAH
Salmon Asam Manis dan Asam Hampir Bibi Sandy
Oleh Melissa Clark

Sekitar 40 menit

Memasak dalam Oven
Salmon yang dimasak dalam oven adalah jalan pintas menuju kebahagiaan makan malam. Ini menghasilkan hidangan yang mengilap indah, bekerja untuk semua luka, dan memungkinkan Anda untuk fokus pada bagian lain dari makanan Anda saat ikan memasak. Awasi saja waktu memasak Anda.

Cara Memanggang Salmon Filet

SEARING DAN ROASTING

Fillet salmon panggang dalam oven memberi Anda ikan yang indah dan lezat yang tidak membutuhkan perhatian terus-menerus. Metode ini, yang kami anjurkan jika Anda memasak empat atau lebih sedikit fillet, membuat Anda terlebih dahulu membakar ikan dalam wajan di atas kompor, yang membuat kulit menjadi garing. Kemudian Anda memindahkan ikan ke oven untuk mendapatkan daging yang rata dan lezat. Pastikan untuk menggunakan panci yang bisa bergerak dengan aman di antara kompor dan oven, seperti wajan besi, dan jangan menggumpalnya dengan terlalu banyak potongan ikan.

Ini adalah metode yang cocok untuk jenis ikan lain, jadi ini cara yang bagus untuk dimasukkan ke gudang senjata Anda.

Inilah cara melakukannya:

Panaskan oven hingga 400 derajat. Dalam wajan besi, lelehkan 2 sendok makan mentega tawar. Tambahkan 6 hingga 8 ons fillet salmon dengan kulit menghadap ke bawah. Masak selama 3 menit dengan api besar untuk membuat kulit kecokelatan, menyendok beberapa mentega cair di atas ikan saat dimasak.

Pindahkan panci ke oven. Panggang sampai ikan baru matang, 8 hingga 10 menit.

Catatan: untuk kulit yang bahkan lebih renyah, debu sedikit bagian sisi fillet dengan tepung sebelum dimasukkan ke dalam wajan.