cara membuat semur coq au vin

Diposting pada

Oleh Melissa Clark | Di mana masakan Prancis tanpa anggur? Hal ini sama pentingnya dalam pot seperti di gelas, dasar segudang semur dan rebusan. Salah satu yang terbaik adalah coq au vin, di mana ayam perlahan-lahan direbus dengan anggur merah. Panduan ini adalah bagian dari The New Essentials of French Cooking, 10 hidangan definitif yang harus dikuasai setiap juru masak modern. Beli bukunya.
Foto-foto oleh Francesco Tonelli untuk The New York Times. Video oleh Alexandra Eaton dan Shaw Lash.

Pemuatan…
MENGAPA MENGATASINYA?
Merebus ayam dalam anggur adalah tradisi kuno, dan metode yang digunakan di seluruh Prancis. Anda mencokelatkan daging, tambahkan cairan ke panci, baik itu air, anggur atau kaldu, dan kemudian setel di atas api kecil untuk didihkan dalam waktu lama. Itu kecoklatan awal menciptakan fondasi saus, meminjamkan lapisan rasa yang kompleks ke hidangan akhir.

lihat juga : catering harian jogja

Dalam coq au vin tradisional, yang berasal dari wilayah Burgundy, anggur digunakan baik untuk melunakkan apa yang secara tradisional ayam jantan tua yang tangguh (coq dalam bahasa Prancis) dan untuk menanamkan daging dengan rasa memabukkan. Ketika burung perlahan-lahan dididihkan, sering selama berjam-jam seperti resep tertua menyarankan, dagingnya yang berotot mengendur, tumbuh lunak dan beraroma, dan mudah menyerah pada garpu.

Saat anggur mendidih membumbui ayam, ayam membumbui anggur, membantu mengubahnya menjadi saus gurih. Anggur, yang berkurang saat dimasak, juga mengandung rasa lain dalam panci, dalam hal ini brendi, jamur, bawang, daging asap dan rempah-rempah, bersama dengan citarasa gurih – yaitu, potongan karamel di bagian bawah wajan yang Anda dapatkan dari kecoklatan awal ayam. Ayam muda dan lembut saat ini memasak lebih cepat daripada burung-burung sebelumnya, tetapi mereka diilhami dengan rasa sehat yang sama.

Ada variasi coq au vin di seluruh Perancis, masing-masing merupakan perayaan anggur lokal baik merah dan putih. Di Alsace, riesling kering digunakan, menghasilkan saus yang lebih ringan, lebih terang yang sering diperkaya dengan sedikit krim atau krim creme yang diaduk di bagian akhirnya. Daerah Jura dan Champagne juga memiliki resep sendiri; juru masak di Jura kadang-kadang menggantikan morels dengan jamur kancing putih atau cokelat yang lebih umum. Di Beaujolais, anggur nouveau ungu muda yang gelap memberi hidangan itu nama coq au violet. Tetapi versi Burgundy, dibuat dengan anggur lokalnya, adalah yang paling terkenal di seluruh Prancis dan di seluruh dunia.

artikel terkait : catering belis semua

Apa pun jenis anggur yang Anda tuangkan ke dalam panci, metode memanaskannya dengan ayam atau daging lain dapat dilakukan di dapur. Contoh kasus: Boeuf bourguignon, klasik Prancis lainnya, pada dasarnya coq au vin dibuat dengan potongan daging sapi rebus alih-alih unggas. Menguasai teknik yang satu ini menghasilkan banyak makan malam yang luar biasa.

Pemuatan…
Scala / Ministero per i Beni e le Attività culturali / Sumberdaya Seni, NY

SEJARAH SINGKAT
Legenda mengatakan bahwa Julius Caesar sendiri memperkenalkan versi coq au vin ke Prancis. Seperti yang sering dikutip (dan benar-benar apokrip) cerita, Galia Celtic mengirim ayam jantan ke Kaisar selama pendudukan Romawi. Caesar menyuruh koki memasaknya dengan rempah-rempah dan anggur Romawi dan kemudian mengembalikannya ke Galia. Apakah ini benar atau tidak, tradisi merebus unggas dalam anggur memang berasal dari zaman Romawi kuno, dan mungkin bahkan lebih jauh ke belakang.

Karena bahan utama dari coq au vin secara historis adalah ayam jantan yang tangguh, sangat mungkin bahwa versi paling awal adalah ongkos petani. Resep yang menyerukan ayam jantan jarang menghiasi risalah awal tentang masakan Prancis pada abad ke-17 dan ke-18, yang mendokumentasikan makanan untuk orang kaya. Itu tidak sampai substitusi yang lebih baru dari ayam tender di abad ke-19 bahwa hidangan dan semua variasinya memasuki kanon Perancis.

Bahwa versi Burgundi muncul sebagai yang paling menonjol di Amerika Serikat adalah karena Julia Child, yang memperjuangkan resep itu sebagai simbol kecanggihan dan semangat memasak negara Prancis.

Di atas, “Still Life” oleh Jacopo da Empoli (1551-1640).

Peralatan yang Anda Butuhkan
Oven Belanda Oven Belanda 6 – 8 liter atau panci berat dengan tutup (pot rondeau) adalah alat yang penting untuk merebus. Jika pot terlalu kecil, cairan tidak akan cukup menguap untuk memberi Anda saus yang kaya; jika terlalu besar, anggur dalam panci tidak akan cukup menutupi ayam.

Wajan Bawang mutiara dan jamur untuk topping dimasak terpisah dari ayam, sehingga mereka memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Wajan 10 inci dengan penutup sangat ideal.

Penjepit Sepasang penjepit dapur yang baik akan membantu Anda memanuver ayam saat Anda kecokelatan, memungkinkan Anda untuk membakar seluruh kulit.

Wirecutter, situs web rekomendasi produk yang dimiliki oleh The New York Times Company, memiliki panduan untuk oven Belanda dan wajan antilengket terbaik.

tautan : https://belisemua.com/catering-jogja/