Cara Minum Anggur

Diposting pada

Cara Minum Anggur

Anggur adalah kesenangan dan keramahtamahan, merupakan budaya dan membuat makanan terasa lebih enak. Tetapi anggur juga bisa mengintimidasi. Panduan ini menghilangkan kecemasan berbelanja, membeli dan minum anggur. Anda akan mempelajari dasar-dasarnya, mulai dari cara membuka botol hingga memasangkannya dengan makanan, bersama dengan bahasa terbaik yang digunakan saat berbicara tentang anggur di toko, di restoran dan dengan teman.

Jenis Anggur yang Mendasar
Anggur adalah jus anggur dan ragi, yang mengubah gula dalam jus menjadi alkohol. Ini dapat dikategorikan dalam cara inkremental yang tak terhitung jumlahnya, tetapi pada dasarnya ada lima jenis yang berbeda: merah, putih, mawar, berkilau dan diperkaya, semua terbuat dari dua jenis dasar anggur, merah dan putih.

 

ANGGUR MERAH

Anggur ini dibuat, tidak mengherankan, dari anggur merah, meskipun anggurnya tidak benar-benar merah. Biasanya kulit anggur merah, yang mengandung pigmen yang mewarnai anggur, berwarna ungu atau hitam. Ketika anggur dihancurkan dan memulai proses fermentasi, kulit dibiarkan lebih basah dengan jus. Seiring waktu, pigmen, bersama dengan tanin, larut dari kulit untuk memberikan warna dan tekstur anggur.

Anggur merah tidak seragam berwarna merah. Warnanya bisa mulai dari pucat garnet ke merah ruby ​​ke ungu dan hampir hitam, tergantung pada anggur yang digunakan, bagaimana anggur dibuat dan berapa lama itu telah berumur.

Anggur merah dapat dinamai berdasarkan anggur yang dikenal, seperti cabernet sauvignon, pinot noir, malbec atau zinfandel, tetapi, terutama dengan anggur Eropa, anggur tersebut dinamai berdasarkan tempat anggur tersebut ditanam, seperti Gevrey-Chambertin, Priorat, St.-Julien atau Barolo.

 

ANGGUR PUTIH

Anggur putih terbuat dari anggur putih, yang secara alami tidak putih. Mereka umumnya kehijauan dan kadang-kadang bahkan berbintik-bintik merah. Untuk hampir semua anggur putih yang diproduksi hari ini, kulit dihilangkan dari jus anggur pada awal proses pembuatan anggur atau, paling banyak, beberapa jam, menghilangkan sebagian besar efek pigmen dan tanin.

Kadang-kadang, Anda akan melihat anggur berlabel “oranye” atau “amber,” atau bahkan “kontak kulit.” Para produsen anggur ini menggunakan anggur putih tetapi menggunakan metode untuk membuat anggur merah. Kulit dan bahan anggur lainnya dibiarkan dimaserasi dengan jus, yang memberi anggur warna kuning dan tekstur tannic.

Sebaliknya, dimungkinkan pula membuat anggur putih dengan anggur merah, dengan segera mengambil kulitnya. Contoh klasiknya adalah blanc de noirs Champagne, anggur putih berkilau yang terbuat dari anggur merah pinot noir atau pinot meunier atau keduanya.

Anggur putih, seperti anggur merah, umumnya akan membawa nama anggur atau tempat. Jadi, bersama dengan chardonnay, sauvignon blanc, riesling dan chenin blanc, Anda akan melihat putih dengan nama-nama seperti Mâcon-Villages, Soave, Vouvray dan Sancerre.

lihat juga : catering jogja murah

MAWAR

Rosé mencakup anggur dalam banyak corak, termasuk kulit bawang yang paling pucat sampai ke ceri yang dalam dan tembus cahaya. Pembuat anggur memiliki beberapa metode untuk memproduksi rosé. Paling umum, mereka mulai seolah-olah mereka membuat anggur merah, tetapi membiarkan kulit curam dalam jus hanya cukup lama untuk mencapai warna yang diinginkan.

Mereka mungkin juga mulai membuat anggur merah dan, setelah rona yang tepat tercapai, mengeluarkan sebagian jus, yang menjadi rosé. Metode ini disebut saignée, Prancis untuk “bled.” Ini memiliki efek tambahan berkonsentrasi jus yang tersisa saat terus di sepanjang jalan menuju anggur merah.

Metode ketiga, yang sering digunakan untuk rosé Champagne, adalah mencampur sedikit anggur merah menjadi anggur putih.

Sebagian besar anggur rosé bersifat sementara, dan harus dikonsumsi muda. Tetapi ini tidak selalu benar. Sejumlah kecil rosé yang serius menua dan berevolusi dengan indah, seperti beberapa rosé Provençal besar dari Bandol, rosé istimewa Château Simone dari sebutan Palette, juga di Provence, dan rosé yang sama-sama khas dari Valentini, dari Abruzzo, Italia.

Apakah mereka membawa nama anggur atau tempat, anggur ini umumnya akan diberi label sebagai rosé, rosado (Spanyol) atau rosato (Italia). Tapi Anda akan tahu dari warnanya.

 

ANGGUR SODA

Ada beberapa metode untuk membuat anggur bersoda, tetapi ada tiga yang perlu diperhatikan. Sampanye, cava, dan banyak anggur berkilau lainnya menggunakan apa yang dulu disebut méthode Champenoise tetapi sekarang dikenal sebagai méthode traditionelle. Ini membutuhkan pembuatan anggur yang masih jadi dan kemudian difermentasi untuk kedua kalinya dalam botol untuk menghasilkan gelembung.

Untuk metode tradisional ini, anggur diam ditempatkan dalam botol, bersama dengan beberapa ragi dan zat manis, seringkali jus anggur. Botol kemudian disegel. Fermentasi kedua dimulai ketika ragi mengkonsumsi gula, yang menghasilkan karbon dioksida sebagai produk sampingan. Dengan tidak ada cara untuk melarikan diri, gas menghasilkan anggur. Ketika anggur dianggap siap, sedimen ragi dikeluarkan, atau disgorgasikan, dan botolnya ditutup. Metode ini padat karya dan memakan waktu.

Daripada fermentasi kedua dalam botol, anggur berkilau murah seperti prosecco pasar massal atau Lambrusco menggunakan metode Charmat, dinamai untuk penemu Perancis Eugène Charmat. Anggur ini berkarbonasi dalam jumlah besar dengan menempatkan anggur yang masih jadi, bersama dengan ragi dan rasa manis, dalam tangki bertekanan.

Teknik ketiga sering disebut metode leluhur, atau metode leluhur. Anggur-anggur ini dimasukkan dalam botol sebelum fermentasi pertama mereka selesai, dan saat fermentasi selesai dalam wadah tertutup, kilau ditambahkan. Karbonasi umumnya lebih jinak, dan kadang-kadang anggur sedikit manis. Metode leluhur telah menerima perhatian baru dengan meningkatnya popularitas naturels pétillants, yang dibuat dengan cara ini.

Di luar Champagne, kategori anggur bersoda yang mungkin Anda temui meliputi cava, sekt, cremant, pétillant, dan spumante.

 

ANGGUR DIBENTENGI

Anggur yang diperkaya dibuat dengan menambahkan arak netral pada anggur diam untuk memperkuat kadar alkohol. Ini dilakukan karena beberapa alasan: Pertama, fortifikasi membantu melindungi anggur dari kontaminasi, karena sebagian besar mikroba yang dapat memengaruhi anggur diam tidak dapat bertahan dalam lingkungan yang lebih beralkohol. Kedua, fortifikasi adalah metode melindungi anggur yang masih rapuh dari kerasnya perjalanan panjang. Akhirnya, jika anggur diperkaya sebelum fermentasi selesai, ragi akan mati, meninggalkan sisa gula. Ini adalah bagaimana port dan Madeiras lebih manis dibuat. Sherry kering diperkaya setelah fermentasi selesai.

Selain istilah pelabuhan yang dikenal, sherry dan Madeira, anggur berbenteng lain yang mungkin Anda temukan termasuk marsala, vermouth, dan vin doux naturels.

Belanja untuk Wine

Dengan begitu banyak anggur yang tersedia dan dengan label botol kadang-kadang dalam bahasa yang berbeda dan diisi dengan jargon, memilih anggur bisa terasa menakutkan. Itulah sebabnya satu-satunya cara terbaik untuk meningkatkan kehidupan minum anggur Anda adalah dengan menemukan toko anggur yang baik.

CARA MENGATAKAN JIKA TOKO TAHU ANGGURNYA

• Suhu di dalam toko harus dingin, dan botol harus bersih dan disimpan dari sinar matahari langsung.

• Jika deskripsi botol diposting, maka harus ditulis oleh staf, bukan dicetak dari majalah konsumen.

• Apakah staf terlibat? Bergairah tentang anggur? Ingin membantu Anda menemukan sesuatu yang Anda sukai? Keramahan baik, seperti kemampuan untuk mendengarkan dan merespons dalam bahasa yang sederhana.

• Toko yang baik akan merekomendasikan anggur dalam berbagai rentang harga daripada mencoba untuk menjual Anda pada botol mahal.

• Toko yang baik mungkin tidak selalu memiliki merek yang Anda cari, tetapi umumnya harus dapat merekomendasikan alternatif.

• Toko-toko terbaik menginginkan bisnis Anda, dan ingin membuat Anda bahagia sehingga Anda akan kembali.

 

BAGAIMANA BICARA DENGAN PENJUAL ANGGUR

Jika Anda merasa terapung-apung, tetapi Anda berada di toko yang bagus, biarkan pedagang membantu Anda mengambil botol. Jangan khawatir tentang jargon. Untuk membantu pedagang menemukan botol yang tepat, Anda hanya perlu tahu dua hal. Pertama, Anda perlu mengetahui anggaran Anda, dan Anda tidak boleh malu memberi tahu pedagang, yang akan berterima kasih bahwa Anda telah membantu mempersempit kemungkinan. Kedua, sebutkan kesempatan itu.

Beberapa contoh:

• “Saya mencari anggur yang cocok dengan makan malam ayam panggang dan kentang manis.”

• “Saya akan pergi ke pesta makan malam dan ingin membawa hadiah kepada tuan rumah.”

• “Bos saya datang untuk makan malam, dan kami melayani salmon liar panggang.”

 

PERTANYAAN UNTUK MEMINTA TENTANG BOTOL YANG ANDA MEMBELI

Tidak peduli apa acara itu, senang mengetahui sedikit tentang dari mana botol itu berasal, orang-orang yang membuatnya dan mungkin anggur yang masuk ke dalamnya. Jangan ragu untuk meminta informasi.

Beberapa pertanyaan untuk diajukan:

• Dari mana anggur itu berasal?

• Siapa yang membuatnya?

• Apakah itu berasal dari perusahaan besar atau perkebunan kecil?

• Apakah ia menanam anggur secara organik, misalnya, atau itu bukan orang penting, seseorang yang membeli anggur untuk membuat anggur, atau bahkan membeli dan mengemas anggur yang sudah diproduksi?

 

Terroir adalah istilah Prancis yang digunakan untuk menggambarkan di mana anggur ditanam (tanah, iklim mikro, ketinggian dan bahkan paparan sinar matahari) dan orang-orang yang menanam anggur, variabel yang membentuk karakter anggur.

Tanyakan tentang karakteristik vintage, tahun anggur dipanen, yang dapat sangat memengaruhi karakteristik anggur. Sementara vintage dapat membentuk karakter anggur, penting untuk tidak terlalu banyak menyimpan kritik yang menilai anggur. Kualitas produser selalu lebih penting daripada karakter vintage.

KAPAN PENJUAL ANGGUR YANG BAIK HARUS MENCARI

Jika Anda tidak memiliki akses ke toko anggur yang baik, menemukan botol yang bagus akan lebih menjadi tantangan. Meskipun Anda mungkin beruntung menemukan permata di supermarket atau toko kotak besar, akan lebih sulit untuk menemukan orang yang secara konsisten dapat mengarahkan Anda ke apa yang Anda cari, dan itulah yang dibutuhkan setiap pemula anggur.

 

Berbelanja online di toko yang baik memang nyaman, tetapi terkadang sulit untuk menavigasi pilihan tanpa saran. Jadi mulailah dengan membaca tentang anggur. Buat catatan tentang gaya yang mungkin ingin Anda coba, dan lakukan saat bepergian. Cari pecinta anggur lain di komunitas Anda. Kunjungi kilang anggur dan bicaralah dengan produsen. Manfaatkan alat online seperti wine-searcher.com dan pengecer online seperti garagiste.com. Ketahuilah bahwa undang-undang kuno yang mengatur anggur pengiriman melintasi batas negara bagian dapat menghalangi kemampuan Anda untuk mengirim botol ke rumah. Keyakinan Anda akan meningkat seiring dengan meningkatnya pengetahuan Anda.

Memesan di Restoran
Anggur harus dinikmati tanpa beban kegelisahan, tetapi daftar anggur yang kental dan ritual yang tidak dikenal dapat mengintimidasi dalam suasana restoran. Manfaatkan keahlian staf anggur untuk menemukan gelas atau botol terbaik untuk makanan Anda.

 

DAFTAR ANGGUR

Daftar anggur restoran umumnya diatur oleh geografi – tempat anggur berasal – atau dengan nama anggur utama dalam anggur. Bisa juga kombinasi keduanya: “Pinot Noir” mungkin menjadi heading utama, misalnya, dan di bawahnya Anda mungkin menemukan subpos yang termasuk pinot noir dari, katakanlah, Pantai Sonoma, Lembah Sungai Rusia, Lembah Willamette di Oregon, Burgundy, dan sebagainya.

Secara kasar, apakah anggur dikategorikan berdasarkan tempat atau anggur tergantung pada asalnya. Anggur Dunia Lama umumnya diatur oleh tempat, karena setiap sebutan, atau zona anggur resmi, memiliki aturan tentang anggur mana yang dapat digunakan. Jika anggur Prancis disebut Gevrey-Chambertin atau Volnay, dua sebutan dalam bahasa Burgundy, Anda tahu bahwa anggur ini terbuat dari pinot noir. Jika anggur Italia disebut Barolo, itu terbuat dari anggur nebbiolo. Dunia Baru, di mana beberapa ikatan historis dengan anggur tertentu ada, cenderung bergantung pada nama anggur untuk mengidentifikasi anggur.

BICARA KEPADA PAKAR ANGGUR RESTORAN

Sebagian besar restoran yang sama sekali serius tentang anggur memiliki seseorang yang dapat membantu Anda dengan pilihan anggur. Mungkin seseorang dengan gelar formal – direktur anggur, direktur minuman atau sommelier – atau bisa juga server yang memiliki ketertarikan pada anggur.

Manfaatkan keterampilan mereka. Sama seperti dalam belanja ritel, tugas Anda adalah mengetahui anggaran Anda, dan kemudian menyampaikan informasi itu dengan jelas. Kecuali Anda memiliki suka atau tidak suka yang kuat, cara terbaik untuk memesan ketika dihadapkan dengan daftar anggur yang tidak dapat dipahami adalah dengan memberikan perintah berbaris kepada direktur anggur. Pertama, putuskan apa yang harus dimakan. Kemudian, beri tahu direktur anggur apa meja yang akan dipesan dan anggaran Anda, dan dengan sopan minta sommelier untuk memilih botol yang sesuai dengan makanan. Dia mungkin bertanya kepada Anda apakah Anda memiliki preferensi yang kuat, atau bahkan, “Merah atau putih?” Jawab, atau serahkan saja kepada sommelier.

APA YANG TERJADI SETELAH ANDA MEMESAN

Di sebagian besar restoran, pelayan akan membawa botol yang belum dibuka ke meja Anda dan menunjukkannya kepada Anda untuk diperiksa. Jika Anda memesannya sendiri, ini adalah kesempatan Anda untuk memastikan bahwa itu sebenarnya adalah botol yang Anda pilih. Anda akan terkejut betapa seringnya Anda diberikan vintage yang berbeda dari yang terdaftar. Jika itu dipilih untuk Anda, ini adalah kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

MENGAPA SOMMELIER MENIPU ANDA SEPOTONG ANGGUR?

Ini adalah kesempatan Anda untuk mencicipi anggur karena kekurangan, bukan karena Anda menyukainya (walaupun jika Anda sangat tidak menyukai anggur, sebagian besar restoran yang baik akan menggantinya; mereka ingin Anda bahagia). Di antara kekurangannya, yang paling umum adalah anggur gabus, di mana sebagian kecil botol terkontaminasi oleh noda gabus, senyawa kimia yang membuat anggur berbau seperti kardus basah. Jika Anda tidak yakin apakah anggurnya cacat, jangan sungkan meminta sommelier untuk mencicipinya juga. Melakukan hal itu akan menunjukkan kekuatan, bukan kelemahan.